MAKALAH PEMBUATAN DEPOST DI SISTEM ABACUS POWERSUITE



BAB I
PENDAHAULUAN

I.              Latar Belakang
Perangkat aplikasi pengolah angka adalah program yang difungsikan untuk mengolah data berupa angka. Kemampuan aplikasi ini, antara lain: pembuatan tabel data, pengolahan data dengan melibatkan penggunaan rumus, grafik, database, dan Iain-Iain. Dalam hal ini, angka yang sering muncul di bidang bisnis, ilmiah, perencanaan, pembuatan statistik, pembuatan lembar kerja, pengelolaan angka untuk perhitungan sebuah data (basis data) dan grafik yang dibutuhkan oleh Sistem Informasi Akuntansi. Macam-macam Perangkat Lunak Pengolah Angka yaitu  Kspread, Star Office Calc, Open Office Calc, GNOME – GNumeric, Xess, Lotus 123, Microsoft Excel. Adapun yang sekarang banyak digunakan masyarakat adalah Microsoft Excel.
II.           Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian sistem Abacus
2.      Apa Fungsi dari sistem Abacus
3.      Apa pengertian Deposit
4.      Bagaimana cara membuat Deposit di Sistem Abacus

III.        Tujuan dan Manfaat
Penulis menyusun makalah ini bertujuan yaitu :
1.      Mengetahui Pengertian dan  kelebihan Sistem Abacus
2.      Mengetahui fungsi Account Payable Deposit di Sistem Abacus
3.      Mengetahui langkah langkah pembuatan Deposit
Penulis menyusun makalah ini mempunyai manfaat yaitu :
1.      Menambah pengetahuan akan Sistem Abacus
2.      Menambah pengetahuan akan Fungsi Account Payable di Abacus System



BAB II
PEMBAHASAN
II.1. Pengertian Sitem Abacus
Merupakan aplikasi pengolah angaka dan kata yang memiliki tampilan modern  dan mudah untuk menggunakannya. Abacus memiliki tampilan yang berisi menu-menu dan toolbar yang memudahkannya untuk digunakan. Ter depan-terpadu, pertengahan, dan back-office solusi dipercaya oleh lembaga korporasi besar
Dirancang oleh para profesional agen perusahaan dan dinilai oleh pengguna agen, Abacus PowerSuite meningkatkan profitabilitas bisnis Anda dengan meningkatkan produktivitas dan menurunkan biaya operasi. Mempercepat Bisnis
Abacus PowerSuite memberdayakan lembaga dengan solusi terintegrasi depan-, pertengahan dan back- office (FMBO). Dengan menyederhanakan manajemen lembaga dan mengotomatisasi operasi Anda, dari penjualan dan faktur untuk rekonsiliasi rekening ditambah dengan integrasi ke perusahaan kartu perusahaan seperti Visa Worldwide Pte Ltd, MasterCard, American Express Akun Travel Bisnis dan AirPlus Internasional, ia menyediakan Anda dengan keunggulan kompetitif yang tak tertandingi di pasar. Ini adalah alat bisnis yang disukai untuk lebih dari 6.000 pengguna yang membuat Anda di jalan untuk membangun keuntungan bagi bisnis Anda.
1.      Meningkatkan Profitabilitas. Produktivitas yang lebih tinggi dan Keunggulan layanan.
a.       Antarmuka mulus dengan Abacus Whiz termasuk unggah otomatis dari profil pelanggan Abacus PowerSuite. Abacus PowerSuite juga memungkinkan akses dinamis untuk Abacus FareX sementara mengurangi eksposur risiko kredit agen pada saat ticketing. Hal ini meningkatkan pemesanan akurasi dan mempersingkat PNR waktu penciptaan per konsultan
b.      sistem persediaan terintegrasi dan rekonsiliasi BSP untuk meningkatkan produktivitas Anda
c.       Meningkatkan produktivitas hingga 50% melalui pengurangan entri manual, kesalahan transkripsi dan biaya operasi yang lebih rendah
d.      Menyediakan tur departemen operasi dengan informasi yang komprehensif untuk mengelola jadwal tur, pemandu wisata dan kelompok, rincian penumpang, jadwal dan profitabilitas tour
e.       Dukungan departemen Hotel untuk mengelola proses pemeliharaan Hotel, penjatahan dan pemesanan
f.       Data keuangan yang akurat dan tepat waktu melalui terintegrasi front-to back-office proses
g.      Mempercepat akhir bulan penutupan dengan lembaga terpadu proses
h.      User-friendly interface untuk kemudahan belajar dan navigasi
i.        Bedakan lembaga Anda dengan solusi yang disesuaikan, multi-cabang dan kemampuan di-tanaman
2.      Mengurangi Risiko Kredit. Waktu-to-pendapatan lebih pendek.
a.       Baik mitigasi terhadap eksposur kredit yang berlebihan untuk meningkatkan arus kas badan dan profitabilitas melalui cek limit kredit
b.      Meningkatkan perlindungan pendapatan lembaga dengan mempercepat pembayaran dari rekening perusahaan, sebagai Abacus PowerSuite disertifikasi oleh Visa Worldwide Pte Ltd, MasterCard, American Express Akun Travel Bisnis dan AirPlus Internasional
c.       Memperoleh tangan atas dalam mengamankan akun perusahaan baru dengan kemitraan kami dengan VISA di seluruh dunia Pte Ltd
3.      Meningkatkan Keamanan. Penurunan Penipuan.
a.         alur kerja halus dengan praktek akuntansi lokal dan kepatuhan terhadap peraturan
b.         Meminimalkan penipuan dan penyalahgunaan melalui audit trail
c.         Mengurangi risiko penipuan dan kesalahan manajemen melalui kontrol terpusat
d.        Mencapai kualitas layanan yang lebih tinggi melalui pemeriksaan kualitas yang ketat dengan penciptaan PNR, update real-time dari pelanggan dan pemasok informasi
4.      Wawasan yang lebih baik. Keputusan cerdas.
a.       Memberikan layanan pelanggan yang lebih baik dan membangun loyalitas pelanggan yang lebih kuat
b.      informasi yang akurat dan tepat waktu pada pelanggan dan pemasok
c.       Mempercepat konsolidasi, rekonsiliasi dan periode penutupan melalui front-to-back proses kantor terpadu
d.      Mendapatkan wawasan yang lebih baik melalui informasi ringkas akses multi-cabang
e.       Mendapatkan manajemen, operasional informasi -waktu nyata, akuntansi dan laporan
5.      Jadilah di Control Badan Workflow Anda
a.       Fungsi mudah digunakan Abacus PowerSuite ini membuatnya mudah bagi Anda untuk berada di atas dari bisnis Anda: Menguasai lembaga dan Meningkatkan profitabilitas dengan menurunkan
b.      mempromosikan alur kerja yang mulus dari biaya operasi biro iklan da
c.       awal sampai akhir dengan operasi yang kuat dan perampingan
d.      fungsi yang fleksibel
6.      Fungsi mulus Terpadu Front-Office
a.       Abacus PowerSuite fungsi front-office menghemat waktu sekaligus meningkatkan produktivitas lembaga Anda melalui integrasi.
b.      Mencegah kesalahan selama pembuatan PNR sebagai data pelanggan secara otomatis ditransfer. Ini mempercepat pemesanan proses, mencegah kesalahan dan membebaskan agen untuk fokus pada layanan pelanggan
c.       Memaksimalkan nilai pelanggan dengan memenuhi kebutuhan unik pelanggan dan mencapai keunggulan layanan
d.      Mempersingkat waktu pelayanan memimpin dengan Abacus Whiz ini pencarian tarif simultan, update ketersediaan penerbangan dan kutipan tarif cepat
e.       Mengurangi kredit macet dengan proaktif batas kredit cek pada ticketing
f.       Hemat waktu dengan update otomatis dari PNR dan informasi ticketing melalui satu sistem terpadu
7.      Memberikan Workflow Smoother dengan Fungsi Mid-Office
a.       Abacus PowerSuite fungsi mid-kantor memfasilitasi kontrol yang lebih baik dan manajemen operasi lembaga Anda. Dengan fungsi seperti manajemen persediaan, penerbitan faktur, perencanaan tur dan banyak lagi, Anda akan dipersenjatai dengan alat yang memberikan alur kerja halus untuk agen Anda.
b.      Memperpendek siklus penjualan Anda melalui faktur otomatis dan fungsi rangka pertukaran
c.       Mengelola sistem tiket dan persediaan voucher Anda secara efisien
d.      Meningkatkan profitabilitas dengan mengelola operasi tur Anda melalui Outbound dan FIT modul tour dan membuat jadwal yang akan menuai keuntungan yang lebih tinggi
e.       Merampingkan proses Anda dengan fungsi agar konsinyasi dan manajemen visa wisata
8.      Back-Office Fungsi Mengelola Operasi Keuangan Anda
a.       Abacus PowerSuite fungsi back-office memberikan informasi akuntansi konsolidasi untuk pelaporan keuangan yang lebih baik dan analisis data.
b.      Menentukan struktur akun Anda sendiri berdasarkan unik Anda kebutuhan bisnis
c.       Mengurangi risiko kredit dengan update real-time dari akun piutang, pengingat dari AR penuaan update AR dan secara online yang luar biasa Anda
d.      Menyederhanakan proses pengembalian dana dan penerbitan nota kredit
e.       Meningkatkan efisiensi dengan secara otomatis menghasilkan jurnal setiap kali transaksi sistem Anda selesai
f.       Mengelola account Anda dengan informasi yang akurat dan tepat waktu dari pelanggan Anda dan pemasok postingan mudah batch jurnal dicetak dan seimbang Anda hanya dengan 2 klik mouse dan menghasilkan update dan akurat laporan keuangan
g.      Menghemat waktu pada rekonsiliasi BSP dengan secara otomatis mencocokkan nomor tiket Anda dari file BSP Anda bersama dengan faktur
h.      Nikmati fleksibilitas dalam mengumpulkan deposito, penyelesaian pelanggan dan pembayaran untuk pesanan pertukaran atau permintaan pembayaran
i.        Lebih baik mengelola arus kas lembaga Anda dengan pelacakan komisi Hotel dan permukiman

Disini penulis memberikan satu  prosedur pembuatan Deposit di Sistem Abacus Power Swite  yaitu :
1.        Masuk menu utama , dan pilih menu AP atau Account Payabele
2.        Pada Submenu AP atau Account Payable ada beberapa menu yaitu LG, Deposit, PR atau Pay Request, Payment dan Report, pilih Deposit.

3.        Setelah memilih menu Deposit muncul menu seperti di Bawah ini, untuk membuat Deposit Baru maka kita Pilih Add 
4.            Setelah memilih Add, maka kita harus melengkapi Deposit number sesuai dengan cabang yang dibutuhkan, dan mengisi Supplier No untuk menentukan penggunaan Deposit untuk transaksi yang dibutuhkan
.
 

5.        Setelah memilih Supplier No, akan muncul seperti di bawah ini untuk memudahkan accounting mencari supplier yang dibutuhkan.
6.        Setelah itu isi Di Deposit Amount untuk nominal Rupiah yang dibutuhkan untuk transaksi yang dibutuhkan dan memberi Keterangan di Deskripsi seperti Deposit di transfer untuk transaksi / penggunaan yang jelas, selanjutnya di save
BAB II
PENUTUP
Kesimpulan
Abacus PowerSuite memiliki fungsi yang lebih untuk meningkatkan efisiensi operasional Anda dengan mendukung proses end-to-end Anda. Mempertahankan standar efisiensi melalui pembersihan dan memulihkan fungsi, yang memungkinkan Anda untuk arsip dan membuang transaksi yang 2 tahun atau lebih. Menghasilkan laporan yang komprehensif untuk analisis yang lebih baik dari kinerja lembaga Andam Mendapatkan kontrol dengan mendirikan kelompok kerja, profil pengguna dan hak akses fungsional. Mengatur lembaga Anda dengan fungsi sistem tabel, yang memungkinkan Anda untuk pra-fix dan mempertahankan nilai tukar, kode produk dan tabel terjemahan ksposur risiko kredit yang lebih rendah, kredit macet dan meningkatkan arus kas melalui program jaminan pendapatan dan kemitraan dengan perusahaan kartu perusahaan besar
Saran
Penulis sangat membutuhkan masukan dan pembenahan dalam pembuatan makalah ini. Untuk meperbaiki baik dari penggunaan kata serta tambahan pengetahuan dari masukan pembaca



DAFTAR PUSTAKA

http://www.abacushk.com/chi/Attachment/Abacus_PowerSuite10.pdf

Share:

0 komentar

Translate